MENYEBARANGI SUNGAI / AIR

Menyeberangi sungai, rawa atau danau selalu beresiko. Ari yang yampak tenang bisa saja memiliki arus kuat di bawahnya, atau mungkin saja sangat dalam. Langkah pertama adalah mempelajari situasinya. Berikutnya pengetahuan dan ketrampilan saat menghadapi perairan yang berbahaya yang berperan. Dalam artikel ini saya akan memperkenalkan panduan saat harus menyeberangi sungai dan mengatasi bahaya yang mungkin terjadi.

  • Jika memungkinkan untuk menghindari sungai lebih lagi jika harus berenang, hindarilah! Jika ada jembatan, sekalipun agak ajuh, sebaiknya gunakan jembatan saja dari pada harus menyeberanginya.
  • Jika terjadi sesuatu, cobalah untuk tetap tenang. Berenang sambil panik akan membuatmu cepat lelah dan mudah tenggelam.
  • Jika kamu terbawa arus sungai dan sungai itu banyak tikungan atau bebatuannya, usahakan memposisikan tubuh dengan punggung di bawah dan kaki di depan. Posisi itu aman un’tuk berjaga-jaga dari benturan.
  • Jika ada temanmu yang jatuh ke air, gunakan tali atau tongkat untuk meraihnya. Jangan mengikatkan tali pada pohon atau benda lain agar talinya tetap flek’sibel. Arus yang kuat biasanya akan menarik korban ke bawah dan tidak akan muncul ke permukaan lagi.

menyeberangi sungai kecil

  • Sungai yang kecil biasanya ada bebatuannya. Cari lokasi dimana kamu bisa menyeberangi sungai melalui bebatuan itu. Manfaatkan tongkan untuk membantu menjaga keseimbangan. Hati-hati dengan batu yang basah, apalagi yang terlihat berlumut.
  • Berjalanlah di sepanjang pinggir sungai untuk menemukan tempat yang aman untuk menyeberang. Sungai yang lebar biasanya malah lebih aman daripada yang sempit. Pada sungai yang lebih lebar biasanya arusnya lebih lemah dari pada pada sungai yang sempit. Cari tempat yang banyak bebatuannya, selain kita bisa menyeberang dengan menginjak bebatuan yang terlihat, bebatuan juga menahan arus sungai yang kuat.
  • Jika kamu menemukan tempat yang pas untuk menyeberang, periksa dasar sungai. Jika kamu terpaksa menyeberang tanpa alas kaki, periksa apakah ada benda yang bisa melukai kakimu di dasar sungai. Jika kamu melepas sepatu, jangan membawanya dengan tangan, masukkan ke dalam ransel atau ikatkan pada ransel agar tidak merepotkan.
  • Periksa kekuatan dan kecepatan arus sebelum menyeberanginya. Caranya dengan melemparkan benda ke sungai dan perhatikan saat benda itu terbawa arus. Sungai yang terlihat tenang, bisa saja memiliki arus yang kuat. Jika arusnya cukup kuat dan kamu harus menyeberanginya, berjalanlah membentuk sudut searah dengan arus sungai.
  • Lepaskan ikatan pinggang tas ranselmu, untuk berjaga-jaga jika kamu terjatuh akamu akan dengan mudah melepaskan ransel. Bisa saja kamu terseret arus karena ranselmu.

 

About LK

Study HARD Study FUN

Posted on 14/04/2011, in Outdoor Activity, Scouting Resources and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: