SETUJU TIDAK SETUJU

Dalam permainan ini peserta dibagi dalam 4 kelompok, mereka diibaratkan 4 perusahaan besar yang sedang bersaing memperebutkan tender. Targetnya adalah mendapatkan nilai terbesar.

Pertama, jelaskan sistem penilaiannya :

JUMLAH KELOMPOK

NILAI KELOMPOK
SETUJU TIDAK SETUJU 1 2 3 4
4 0 5 4 3 2
3 1 4 3 2 5
2 2 1 1 1 1
1 3 3 2 5 4
0 4 2 5 4 3

Penilaian untuk masing-masing kelompok tergantung berapa jumlah kelompok yang setuju dan yang tidak setuju. Contoh sekenario yang diberika fasilitator dalam membawakan permainan ini misalnya:

  • Lakukan 3 kali pengambilan suara dengan cara semua kelompok menuliskan keputusannya dan mengeluarkannya bersama-sama. Bisa juga dengan cara mengangkat tangan kanan bila setuju dan tangan kiri jika tidak setuju. Dilakukan berbarengan agar tiap kelompok tidak bisa memprediksi nilai yang akan diperoleh kelompoknya.
  • Jumlahkan nilai yang diperoleh setiap kelompok dari 3 kali kesempatan tersebut.
  • Cara pengambilan suara berikutnya adalah dengan cara bergantian berurutan. Berarti pengambilan suara dilakukan 4 kali dengan empat variasi urutan kelompok. Dengan cara ini kelompok terakhir bisa memilih setuju atau tidak setuju berdasarkan kemungkinan perolehan nilai yang paling menguntungkannya.
  • Saat ini nilai sudah bervariasi dan ada kelompok yang nilainya tertinggi dan yang nilainya terendah. Terangkan tentang “WIN-WIN SOLUTION”. Lalu beri kesempatan pada tiap kelompok mengirimkan wakilnya dan wakil dari keempat kelompok diberi waktu untuk saling melobi.
  • Pada kesempatan kedua, beri waktu lagi untuk melobi, Lalu minta setiap kelompok menyatakan pilihannya, kelompok yang paling tinggi nilainya mengutarakan terakhir. Saat kelompok itu akan menyatakan pilihannya, berikan keterangan jika hasil lobi tidak mutlak harus diterima, mereka boleh mengganti pilihan dengan kemungkinan nilai yang paling menguntungkan kelompoknya. Dengan begini peserta akan kaget karena pengkhianatan.

Skenario yang dijalankan bisa bervariasi. Intinya menunjukkan begitulah kehidupan. Harus ada yang untung dan harus ada yang rugi. Terkadang win-win solution atau solusi yang saling menguntungkan sulit diambil karena ada sekelompok orang yang ingin selalu untung.

Permainan ini bisa dilakukan dengan kelompk besar maupun hanya 4 orang saja.

Bentuk pilihan dan cerita bisa divariasi. Misalnya:

  • Anggota DPR yang rapat menentukan pilihan setuju atau tidak setuju.
  • Perusahaan yang sedang tender memilih X atau Y
  • 4 orang tahanan yang diwawancarai terpisah untuk memilih bersaksi atau tidak bersaksi
  • Dan berbagai variasi lain.

About LK

Study HARD Study FUN

Posted on 11/04/2011, in Games & Outbound, Problem Solving and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: