CAIRAN KIMIA MENGENAI MATA

Jika korban terkena cairan kimia pada matanya, lakukan langkah pertolongan pertama seperti berikut ini:

  • Basuh mata dengan air bersih yang hanyat dengan cara mengalirkannya melalui dahi. Tahan agar mata yang terkena cairan tetap terbuka.
  • Tundukkan kepala lalu miringkan. Tahan mata yang terkena cairan terbuka di bawah aliran air (misalnya dari kran). Jangan me-“ngucek” mata dengan tangan.

Basuh tangan korban dengan air sabun. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan bahwa tidak adal cairan kimia yang menempel pada tangan. Karena jika tidak dibersihkan, kebiasaan orang akan lupa mengucek mata dengan tangannya.

Lepas lensa kontak. Jika korba memakai lensa kontak dan tidak terlepas saat dibasuh tadi, lepaskan lensa kontak dengan hati-hati. Jika korban mampu, lebih baik dilakukan sendiri.

Perhatian:

  • Jangan mengucek mata, karena bisa menyebabkan kerusakan lebih jauh.
  • Jangan membasuh mata dengan selain air bersih, dan jangan menggunakan tetes mata kecuali ada petugas medis profesional yang menyarankannya. Bisa jadi cairan kimia yang mengenai mata bereaksi dengan tetes mata. Sedangkan air adalah zat netral dan alami.

Setelah itu segera bawa korban ke fasilitas kesehatan terdekat. Kita tidak tahu apakah ada efek samping bahan kimia yang mengenai mata. Biasanya, setelah itu mata korban aka sensitif terhadap cahaya. Makanya berikan kaca mata hitam bila perlu.

About LK

Study HARD Study FUN

Posted on 07/04/2011, in First Aid, Scouting Resources and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: