TOXIC WASTE

Dengan peralatan yang tersedia, setiap kelompok harus menemukan cara untuk memindahkan toxic waste (ember kecil) ke alat penetral (ember besar) tanpa memasuki zona radiasi (dibatasi oleh tali). Permainan ini akan mensimulasikan bagaimana teamwork dan leadership yang baik.

Nama Lain

Permainan ini sebenarnya sudah banyak dikenal dengan nama lain, seperti Memindahkan Bom (Bomb Removal), Alien Transfer, Grab-a-Hold atau nama lainnya.

Alat

  • 1 ember besar
  • 1 ember kecil
  • 1 utas tali panjang untuk membuat pembatas
  • 1 buah tali karet melingkar (bisa dibuat dari ban dalam bekas yang dipotong dan diikat menjadi lingkaran)
  • 8 buah tali untuk mengangkat “toxic waste”
  • Air yang dimasukkan dalam ember kecil.
  • Penutup mata (jika perlu)

Peserta

Idealnya dilakukan dalam kelompok yang terdiri dari 7-9 peserta dengan salah satu menjadi ketua kelompok.

Alokasi Waktu

5 menit untuk briefing/ penjelasan tugas
5 menit untuk membahas strategi
15-30 menit untuk pelaksanaan
10 menit untu diskusi pengambilan kesimpulan

Persiapan

  • Gunakan tali untuk membuat garis batas berbentuk lingkaran dengan diameter 3 – 4 meterdiumpamakan sebagai zona radiasi. Semakin besar lingkarannya, semakin sulit permainan ini.
  • Letakkan ember kecil berisi air di tengah-tengah zona lingkaran.
  • Letakkan ember besar 20-30 meter dari zona tersebut.
  • Letakkan semua peralatan lain. Jangan memberi tahu peserta cara menggunakannya, biarkan mereka menemukan sendiri.
Petunjuk
  • Tugas tiap kelompok adalah bekerjasama untuk memindahkan ember kecil ke ember besar dengan alat yang tersedia. Tidak boleh ada air yang tumpah dan peserta dilarang memasuki “zona radiasi”.
  • Peserta yang memasuki zona radiasi akan dianggap gugur (mati) dan harus keluar dari permainan. Atau jika hanya sebagian tubuh (misal: tangan) yang memasuki zona radiasi, maka tangan itu tak boleh digunakan selama permainan.
  • Berikan waktu 5 menit untuk diskusi kelompok merencanakan strategi yang akan digunakan.
Catatan Untuk Fasilitator
  • Permainan ini tidak mudah dilakukan dan akan benar-benar membentuk teamwork yang baik.
  • Solusinya: mengikatkan semua tali pada lingkaran dari karet. Lalu semua peserta menariknya dari semua arah agar tali membesar lalu memasukkannya melingkari ember. Mengendorkan tarikan agar lingkaran karet mengecil lagi dan mengikat ember kecil dengan kuat. Dengan hati-hati, ember kecil bisa diangkat tanpa menumpahkan air di dalamnya.
  • Benar-benar berikan hukuman bagi yang melanggar garis batas dengan tidak bolah menggunakan bagian tubuh yang masuk ke zona radiasi atau bahkan keluar dari permainan sehingga kelompok semakin kesulitan karena kurang orang. Jika yang melanggar kepalanya, maka peserta dianggap buta dan matanya harus ditutup selama permainan.
  • Jika peserta mengalami kebuntuan, hentikan permainan dan beri waktu untuk menyusun strategi lagi.
Pengambilan Kesimpulan
  • Permainan ini bisa memperkenalkan banyak variabel yang diperlukan dalam sebuah tim yang hebat. Baik saat diskusi untuk merencanakan strategi maupun saat melakukan tugas.
  • Selama permainan bisa direkam menjadi video dan ditayangkan ulang saat diskusi pengambilan kesimpulan.
  • Kesuksesan kelompok dapat diukur dengan: Berapa lama waktu yang dibutuhkan? Apakah ada yang curang? Apakaha ada air yang tumpah?
  • Beri nilai (1 sampai 10) utnuk tiap kelompok atau Beri kesempatan untuk saling menilai antar kelompok.
  • Bahas bagaimana reaksi awal tiap kelompok.
  • Kemampuan apa saja yang diperlukan agar kelompok Berhasil menyelesaikan permainan ini dengan sukses.
  • Apa pelajaran yang bisa diambil dari permainan ini?
Variasi
  • Ketua kelompok tidak ikut bermain, tetapi dia boleh memberikan instruksi dan peserta lain tidak boleh berkomunikasi dengan teman satu kelompoknya.
  • Zona radiasi bisa digandi sebuah kolam kecil dan ember kecil diletakkan mengapung di tengah-tengahnya.
  • Untuk menambah dramatisasi, masukkan soda kue ke dalam ember besar dan larutan cuka dalam ember kecil. Sehingga jika keduanya bercampur akan mengeluarkan busa seperti pada reaksi bahan kimia.
  • Ember kecil bisa diganti dengan benda lain yang berat, misalnya batu. Sehingga menambah kesulitan ketika harus memindahkan benda yang berat.
Sumber Referensi
  1. Gass, M. A. (1995). Book of metaphors: Volume II. Dubuque, IO: Kendall Hunt.
  2. Priest, S., & Rohnke, K. (2000). 101 of the best corporate team building activities.  Tarrak.com.
  3. Rohnke, L. (1994). The bottomless bag again!? (2nd ed.). Dubuque, IO: Kendall-Hunt.
  4. Rohnke, K. & Butler, S. (1995). Quicksilver: Adventure games, initiative problems, trust activities, and a guide to effective leadership. Dubuque, IO: Kendall-Hunt.

 

 

About LK

Study HARD Study FUN

Posted on 06/04/2011, in Games & Outbound, Team Building and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: