GIGITAN BINATANG

Jika ada korban yang terkena gigitan binatang, perhatikan hal-hal berikut:

  • Luka kecil. Jika luka yang diakibatkan hanya sampai kulit dan tidak ada kekhawatiran menyebabkan rabies, lakukan penangan untuk luka kecil. Pertama, bersihkan luka dengan air dan sabun, atau bisa juga dengan alkohol atau rivanol. Berikan antibiotik luar, seperti betadine, lalu balut luka dengan perban atau plester luka.
  • Luka dalam. Jika gigitan binatang mengakibatkan luka yang dalam dan pendarahan, tekan luka dengan kain yang bersih dan kering untuk menghentikan pendarahan. Segera hubungi petugas medis atau dokter, karena luka seperti ini perlu penanganan profesional.
  • Infeksi. Jika kamu melihat gejala infeksi pada luka, seperti bengkak, memerah, terasa semakin sakit atau mengeluarkan darah, segera hubungi dokter.
  • Rabies. Jika luka gigitan disebabkan oleh hewan yang kemungkinan terkena rabies, segera hubungi dokter untuk memeriksa lukanya.

Dokter menyarankan untuk kita agar mendapat suntikan anti tetanus 10 tahun sekali. Jika kamu belum pernah disuntik anti tetanus dalam 5 tahun terakhir dan lukamu dalam dan kotor, sebaiknya segera hubungi dokter untuk penanganan preventif terhadap kemungkinan tetanus.

Hewan peliharaan lokal paling sering menggigit. Anjing biasanya lebih suka menggigit daripada kucing. Meskipun jarang, jika kucing menggigit lebih sering menyebabkan infeksi. Hewan yang tidak diimunisasi, ada kemungkinan membawa bibit rabies dalam gigitannya. Sayangnya sebagian besar hewan peliharaan di Indonesia sering kali tidak diimunisasi, apalagi hewan yang liar. Rabies biasanya dibawa hewan kelelawar, sigung, garangan (hewan seperti tikus yang biasa hidup di sawah) atau lainnya. Hewan pengerat seperti kelinci atau bajing jarang sekali membawa bibit rabies.

Contoh PP pada gigitan kucing atau anjing.

Contoh lainnya

http://www.youtube.com/watch?v=A6gmaRfo_PY


10 gigitan binatang paling menyakitkan

Referensi Lain:

  1. http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/animalbites.html
  2. http://www.assh.org/Public/HandConditions/Pages/AnimalBites.aspx

About LK

Study HARD Study FUN

Posted on 06/04/2011, in First Aid, Scouting Resources and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: