GAME KREATIF DENGAN BALON

Balon adalah salah satu kreasi manusia yang paling mengagumkan. Dengan benda sederhana ini, fasilitator bisa membuat orang lebih percaya diri, besenang-senang, bahkan membangun kerja sama team yang solid. Selain itu, balon mudah dibawa kemana-mana dan yang tak kalah penting, murah.

Dalam artikel ini saya kan memperkenalkan rangkaian permainan yang semuanya dilakukan dengan balon.

Sejarah Balon

Kebanyakan orang tidak menyadari seberapa mengagumkannya penemuan balon. padahal, dari untuk membuat benda ini dibutuhkan penelitian yang melelahkan. Bahkan hingga saat ini masih banyak teknologi yang sedang dikembangkan berbasiskan balon. Yang paling terkenal adalah penggunaan balon sebagai alat transportasi udara.

Untuk mengawali permainan balon ini, fasilitator bisa mengutip cerita tentang sejarah balon. Misalnya tanyakan pada peserta, “Siapa penemu balon modern dan kapan ia menemukannya?” (Jawabannya: Michael Faraday pada pertengahan abad ke 19). Biasanya orang akan tertarik dengan pengetahuan baru yang belum pernah mereka pikirkan sebelumnya. Tentang sejarah balon yang lebih lengkap bisa fasilitator cari di link di bawah ini.

Meniup Balon

Hal sederhana, tetapi jika dikemas dengan baik akan menjadi permainan yang menarik dan menantang. Fasilitator mengawali dengan mengumpulkan semua peserta, lalu memberi contoh meniup balon. Tiup hingga membesar kira-kira 85% dari besar maksimal. perintahkan tiap peserta masig-masing meniup sebuah balon dan minimal hingga sebesar hasil tiupanmu.

Sekedar untuk meniup sebuah balon dibutuhkan rasa percaya diri. Banyak yang ragu untuk meniup hingga besar karena khawatir balon akan meletus. Beri “reward” pada peserta yang bisa meniup hingga terbesar dari peserta lainnya. Beri motivasi pada peserta yang tidak berani meniup hingga ukuran minimal yang fasilitator perintahkan.

Jika sudah selesai, hal lain yang tak kalah menarik adalah ketika peserta diminta menalikan ujung balon. Peserta yang tidak terbiasa mengikat balon tentu saja akan mengalami kesulitan. Peserta akan menyadari bahwa jika ada hal yang sulit kita lakukan sendirian, ternyata lebih mudah jika kita meminta bantuan orang lain.

Ballon Juggle

Bagi peserta dalam 3 atau 4 kelompok. Berikan sebuah balon yang harus mereka lambungkan dan tidak boleh sampai jatuh ke lantai. Peserta dilarang menangkap balon, yang diperbolehkan adalah memukul balon dengan anggota tubuh mereka hingga balon memantul ke atas. Awalnya mudah, tetapi lama-lama akan semakin sulit. Karena tiap 30 detik berlalu, fasilitator akan melemparkan 1 atau dua tambahan balon. Jumlah balon bertambah terus hingga ada 3 balon yang terjatuh ke lantai. Tiap ada balon yang jatuh ke lantai tidak boleh diambil. teriakkan peringatan tiap ada satu balon yang jatuh untuk memberi tekanan.Setiap kelompok dicatat waktunya dan yang terlama adalah pemenangnya.

Permainan ini juga bisa dilakukan oleh semua kelompok bersamaan. Tiap kelompok harus melambungkan balon dengan warna yang berbeda. Sama dengan versi satunya, tiap 30 detik, tambahkan 1 balon pada semua kelompok. Kelompok yang bertahan paling lama adalah pemenangnya.

Tangkap Balon

Semua peserta membentuk lingkaran. Fasilitator berada di tengah menjelaskan permainannya. Lalu fasilitator melempar balon ke atas dan langsung menyebut nama salah satu peserta. Peserta yang disebutkan namanya harus maju ke tengah dan menagkap balon itu. Tanpa jeda, ia harus segera melempar kembali balon ke atas sambil memanggil nama peserta lain lalu segera kembali ke pinggir lingkaran.. peserta yang disebut namanya harus segera maju dan melakukan hal yang sama. Tidak boleh mengulang memanggil nama peserta yang pernah dipanggil.

Peserta yang melakukan kesalahan, dihukum dengan dicoreng namanya pakai tepung atau arang. Atau bisa juga diberi tugas meniup satu balon untuk tiap satu kesalahan.

Ballon Pop

Sama dengan permainan di atas, tetapi balon tidak boleh ditangkap tetapi di pantul-pantulkan dengan tangan. Setelah pantulan kelima, maka ia harus memanggil nama peserta lain yang langsung maju ke tengah dan melakukan hal yang sama.

Menyeimbangkan Balon

Tantang semua peserta untuk menyeimbangkan balon. Caranya dengan meletakkan balon di atas jari telunjuknya. Balon tidak boleh dipegang atau di lekatkan pada jari dengan lem/ pleser. Semua harus jujur, jika gagal, maka harus mengaku dan keluar dari permainan. Peserta yang bisa menyeimbangkan dengan catatan waktu terlama adalah pemenangnya.

Olah Raga Balon

Peserta juga bisa diajak melakukan olahraga bola tetapi digantikan menggunakan balon. Misalnya sepak bola taua volley.

Ballon Race

Fasilitator bisa memilih 3 model balapan di bawah ini.

  • Tiap kelompok adu cepat menggiring balon dari START menuju ke FINISH. Tidak boleh ada balon yang menyentuh tanah/ lantai sebelum sampai di garis finish.
  • Tiap kelompok menggiring balon di lantai tanpa menggunakan bagian tubuh manapun. Solusinya adalah dengan meniup balon hingga garis FINISH.
  • Tiap kelompok membentuk barisan berbanjar dan di sela-sela tiap peserta diberi balon yang tidak boleh dipegang, tetapi diapit dengan perut dan punggung peserta di depannya. Semua kelompok berlomba lari dan tidak boleh ada balon yang jatuh. Jika ada balon yang jatuh, maka harus mengulangi dari start lagi.

Sumber Referensi

  1. http://www.balloonartists.com.au/
  2. http://www.balloonhq.com/BalloonCouncil/

 

About these ads

Tentang LK

Study HARD Study FUN

Posted on 06/04/2011, in Games & Outbound, Ice Breaking Games, Team Building and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: