ALL ABOARD

Sebuah permainan team building yang cukup kuno tetapi masih menarik dengan berbagai variasi. Biasanya hanya menggunakan sebuah papan kecil dan semua anggota tim harus naik ke atas papan itu selama beberapa waktu. variasi yang bisa diberikan dalam permainan ini adalah bentuk papan dan tugasnya.

Alat

Papan dengan berbagai bentuk dan ukuran sesuai permainan yang diinginkan.

Waktu

15 – 20 menit.

PesertaJumlah kelompok bebas, ukuran papan disesuaikan dengan jumlah kelompok agar tidak terlalu mudah atau terlalu sulit.

Petunjuk Permainan

Ada banyak variasi dalam permainan ini. Berikut ini contoh permainan yang menggunakan All Aboard sebagai konsep dasarnya.

Log Line. Menggunakan balok kayu memanjang dan agak tinggi. Perhitungkan tempatnya tidak terlalu pendek untuk jumlah anggota kelompok. Karena tantangannya buka saat menaiki balok kayu. Setelah semua stabil. Perintahkan kelompok mengurutkan posisi berdirinya berdasarkan, misalnya tanggal lahir atau bulan kelahiran. Sehingga mereka harus mengatur ulang posisi tanpa boleh jatuh dari balok kayu.

Folding Carpet. Alas yang harus dinaiki berupa selembar kain atau terpal (yang tidak rusak saat diinjak dan bisa di lipat). Setelah semua naik, fasilitator memberi perintah untuk membalikkan karpet tersebut tanpa ada yang jatuk atau bagian tubuhnya menyentuh lantai/ tanah di luar karpet. Perhatikan luas karpet yang digunakan dan jumlah peserta yang bermain harus memungkinkan tetapi tidak terlalu mudah.

Framming. Gunakan batu bata. Pertama susun beberapa batu bata sebagai area yang harus dinaiki. Setelah semua naik, tentu saja dengan mudahnya, karena batu bata yang dipakai terlalu banyak. Kurangi satu batu bata, sehingga pemain yang berada di atasnya harus bergeser. Kurangi lagi, sehingga areanya semakin kecil dan semakin sulit. Kelompok yang bisa bertahan dengan pengurangan batu bata terbanyak adalah pemenangnya.

Estafet. Buat lintasan berupa papan kayu bisa berbentuk lingkaran dan bisa juga berbentuk persegi. Semua anggota tim harus naik dengan posisi menghadap ke dalam. Satu persatu tiap anggota tim harus mengelilingi timnya melalui bagian luar tanpa terjatuh dari lintasan. Jika satu orang sudah menyelesaikan satu putaran, pemain di sampingnya baru boleh melakukan putaran. permainan ini bisa dilakukan beberapa kelompok bersamaan dengan lintasan yang berbeda. Atau bergantian dan dicatat waktunya.

Sumber referensi

  1. http://urbanext.illinois.edu/committees/facts_aboard.cfm?section=fact
  2. http://www.scoutingresources.org.uk/games/games_challenge.html

 

About LK

Study HARD Study FUN

Posted on 06/04/2011, in Games & Outbound, Team Building and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: